Khasiat Daun Kemangi

Khasiat Daun Kemangi - Siapa yang tidak mengenal daun kemangi. Daun ini sudah tidak asing bagi. Hampir setiap kita makan lalapan daun ini selalu ada sebagai pelengkap sambal. Selain digunakan sebagai pelengkap hidangan lalapan, daun kemangi juga memiliki aroma yang sangat kuat yang bisa menghilangkan bau mulut yang disebabkan setelah kita makan jengkol, petai, ataupun menghilangkan aroma amis apabila kita sudah mengkonsumsi makanan laut. Tanaman ini tumbuh pada cuaca panas ataupun dingin. Dalam bahasa latin daun ini bernama Ocimum basilicum yang berarti tumbuhan beraroma. Daun kemangi memiliki kandungan minyak atsiri yang menyebabkan aroma harum pada daun ini. Minyak astiri ini dapat mencegah petumbuhan mikroba penyebab penyakit. Daun ini juga memiliki kandungan betakaroten dan vitamin C. Ternyata khasiat daun kemangi sangat banyak bagi kesehatan kita. Apabila anda kurang suka makan kemangi dalam keadaan mentah, anda bisa membuatnya jus. Khasiat daun kemangi sangat banyak, berikut ini saya akan menguraikan beberapa khasiat daun kemangi bagi kesehatan kita.

Khasiat Daun Kemangi


Khasiat Daun Kemangi

Khasiat Daun Kemangi:

1. Mencegah Kemandulan

Hal ini disebabkan karena daun kemangi mengandung anetol dan boron yang dapat merangsang kerja hormon estrogen dan androgen. Hormon estrogen dan androgen berperan penting pada reproduksi wanita.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Khasiat daun kemangi juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, karena daun kemangi memiliki kandungan senyawa flavonoid dan eugenol.

3. Mencegah Keputihan

Kandungan eugenol pada daun kemangi berkhasiat mencegah keputihan yang disebabkan oleh jamur.

4. Menyembuhkan Luka

Vitamin C yang terkandung dalam daun kemangi dapat menyembuhkan luka. Vitamin C yang terkandung didalamnya berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menyembuhkan luka.

5. Meningkatkan Fungsi Penglihatan

Khasiat daun kemangi juga dapat meningkatkan fungsi penglihatan. Hal ini disebabkan karena daun kemangi memiliki kandungan vitamin A (betakaroten).

6. Mengatasi Perut Kembung

Khasiat daun kemangi dapat mengatasi perut kembung, caranya dengan meremas daun kemangi dengan bawang merah dan menyak kelapa, kemudian dioleskan ke perut.

7. Membantu Pertumbuhan Tulang

Fosfor yang terkandung dalam daun kemangi sangat bagus untuk pertumbuhan tulang.

Begitu banyak khasiat daun kemangi bagi kesehatan kita. Apabila kita sering mengkonsumsinya dalam keadaan mentah ataupun dibuat jus sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan kita. Semoga artikel tentang khasiat daun kemangi dapat bermanfaat bagi kita semua.

Itu semua ulasan tentang khasiat daun kemangi.
Ranking: 5

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

 
© Portal Kesehatan Online All Rights Reserved