Cara Mengobati Nyeri Haid Secara Tradisional

Cara Mengobati Nyeri Haid Secara Tradisional - Nyeri haid bisa terjadi pada siapa saja, terutama untuk kaum remaja. Sebelum saya menjelaskan apa penyebab dan cara mengobati nyeri haid, ada baiknya saya akan menjelaskan terlebih dahulu apakah haid atau menstruasi itu. Haid atau menstruasi adalah perubahan fisiolagis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi. Siklus menstruasi terjadi sekitar 28 hari, tetapi tidak semua wanita tidak mengalami siklus sekitar 28 hari. Menstruasi terjadi sekitar 1 sampai 8 hari. Nyeri haid lebih sering dirasakan oleh remaja putri, bagi wanita yang sudah melahirkan anak pertamanya mungkin nyeri haid akan berkurang, karena bukaan serviks mereka melebar.
Penyebab Nyeri Haid:
1. Mengalami stress atau kecemasan yang terlalu berlebihan.

2. Peradangan panggul ( endomentriosis)

3. Ketidakseimbangnya hormonal dalam tubuh.

Nyeri haid (dysmenorrhoea) tentu sangat tidak nyaman atau mengganggu aktivitas anda. Tetapi kita harus bersyukur sudah bisa mengalami menstruasi, karena tidak semua wanita bisa mengalaminya. Baiklah mari kita simak apa saja cara mengobati nyeri haid secara tradisional.

Cara Mengobati Nyeri Haid Secara Tradisional 

Cara Mengobati Nyeri Haid Secara Tradisional

Cara Mengobati Nyeri Haid Secara Tradisional:

1. Cengkeh dan Kunyit
Cara mengobati nyeri haid secara tradisional yang pertama adalah dengan cara menggunakan campuran cengkeh dengan bumbu-bumbu dapur, ambillah 5 butir cengkeh, 10 gram kunyit, 5 gram biji pala, dan 7 butir ketumbar. Cuci semua bahan tesebut lalu rebus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc saja, kemudian minum ramuan herbal tersebut selagi hangat.

2. Bawang Putih
Caranya cukup mudah, Haluskan 2 butir bawang putih lalu campur dengan 2 sendok air hangat. Minumlah 2 kali sehari.

3. Umbi Pisang
Caranya 1 kepal umbi pisang kepok diparut lalu remaslah dengan air garam sebanyak 2-3 sendok makan, kemudian diperas dan disaring. Minumlah 2 kali sehari sebanyak 2 atau 3 sendok makan ramuan tersebut.

4. Kencur Dan Cengkeh
Cara mengobati nyeri haid sacara tradisional yang berikutnya adalah dengan menyiapkan 2 rimpang kencur, 1 buah cengkeh tua, 1 lembar daun trengguli, dan adas pulawaras secukupnya.

Pertama cincanglah kencur lalu campurkan semua bahan diatas, kemudian rebus dengan air sebanyak 3 gelas hingga tersisa 2 gelas saja. Jika sudah tersisa 2 gelas angkat kemudian saring. Ramuan tersebut siap diminum

Untuk menghindari nyeri haid sebaiknya anda tidak mengkonsumsi makanan yang terlalu dingin dan panas, hindari minum es, dan berolahragalah secara teratur.

Mungkin itu saja ulasan tentang apa saja cara mengobati nyeri haid secara tradisional. Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin mengetahui tentang cara mengobati nyeri haid secara tradisional.

Ranking: 5

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

 
© Portal Kesehatan Online All Rights Reserved