Menu Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

Menu makanan sehat untuk ibu menyusui sangatlah penting. Seorang ibu yang menyusui harus memperhatikan pola makanan sehat demi memperlancar ASI untuk si buah hatinya. ASI ekslusive sangat penting untuk pertumbuhan dan daya tahan balita, minimal kita mampu memberikan ASI ekslusive selama 6 bulan dan maksimal 2 tahun. Tidak ada makanan yang terbaik kecuali ASI selama bayi masih berumur dibawah 6 bulan. Mengkonsumsi makanan yang kaya gizi dan protein sangat penting untuk ibu menyusui, sebab makanan yang kaya gizi dan protein akan menunjang kelancaran ASI. Demi memperlancar produksi ASI sebaiknya seorang ibu memperhatikan asupan gizi dan nutrisi yang dikonsumsi sehari-hari. Berikut ini beberapa menu makanan sehat untuk ibu menyusui.

Menu Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

Menu Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

Menu Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui:

1. Stroberi

Buah stroberi mengandung banyak vitamin C, antioksidan, asam folat dan serat sehingga dapat membentuk kualitas ASI yang baik.

2. Jeruk

Karena seorang ibu menyusui sangat memerlukan vitamin C yang banyak, maka buah jeruk sangat baik untuk dikonsumsi karena buah jeruk sangat tinggi akan vitamin C.

3. Daun Katuk

Dari zaman dulu daun katuk memang sudah terkenal sebagai sayuran yang sangat bagus untuk memperlancar produksi ASI. Daun katuk memiliki nutrisi yang sangat lengkap, antara lain vitamin A, C, E dan B1, protein, mineral kalium, fosfor, dan zat besi.

4. Telur

Selain untuk memperlancar ASI, telur juga sangat bagus untuk pertumbuhan tulang bayi. Karena dalam sebutir telur banyak mengandung vitamin D.

5. Kacang Edamame

Edamame adalah kacang-kacangan yang sangat banyak mengandung protein, sehingga bagus untuk cemilan sehari-hari. Edamame juga mengandung asam folat, riboflavin, serta beragam vitamin C dan K.

6. Yogurt

Yogurt mengandung tinggi kalsium, selain itu yogurt juga mengandung jutaan bakteri yang sangat bagus untuk kesehatan usus.

7. Daging Sapi

Menu makanan sehat untuk ibu menyusui yang berikutnya adalah daging sapi tanpa lemak. Seorang ibu yang menyusui tentu membutuhkan banyak energi. Mengkonsumsi daging sapi sangat baik untuk meningkatkan energi.

Tapi menu makanan sehat untuk ibu menyusui yang paling penting adalah memperbanyak minum air putih, karena air putih merupakan sumber energi yang paling baik. Mungkin itu saja info tentang apa saj makanan sehat untuk ibu menyusui dan semoga bermanfaat anda yang mencari info seputar menu makanan sehat untuk ibu menyusui.
Ranking: 5

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

 
© Portal Kesehatan Online All Rights Reserved